Identitas & Sejarah


Pada tanggal 1 agustus 1984, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyuwangi membentuk Panitia Pendirian Poliklinik Muhammadiyah yang diketuai oleh Bapak Humaidi. Sejak saat itu, panitia sering mengadakan pertemuan rutin sambil mengumpulkan dana dari masyarakat. Setelah terkumpul uang sumbangan sebesar lima belas juta rupiah. Dana tersebut digunakan untuk membangun poliklinik yang menjadi cikal bakal rumah sakiti ini. Selama 2 tahun pembangunan dilaksanakan, hingga tahun 1986. Poliklinik mulai dibuka untuk umum pada 1 September 1987.
Poliklinik Fatimah di awal pengoperasiannya dipimpin oleh dr. Soemarsono Qomar, Sp.OG, dibantu oleh dr. Abdul Hadi, Bidan Maslikanah, asisten apoteker Siti Nur Farida, Sulam Ismiyati, Titin Purnawati dan Huriyati Hamidah.
Pada awalnya, Ibu Hj. Zulaikhah akan diabadikan sebagai nama rumah sakit. Beliau adalah pemberi wakaf tanah yang ditempati oleh rumah sakit. Namun akhirnya dipilih nama Fatimah (cucu Rosululloh SAW) sebagai nama rumah sakit karena nama itu dianggap paling pas bagi rumah sakit yang akan didirikan itu.
Tokoh-tokoh pendiri Rumah Sakit Islam Fatimah antara lain :
1. Dr. Soemarsono Qomar, Sp.OG
2. Bpk. Lukman el Hakim
3. Bpk. Abu Mansur
4. Bpk. Chumaidi
5. Bpk. H. Ismail (alm)
Pada pertengahan tahun 1986 para tokoh berpikir kembali untuk membangun rumah sakit yang lebih besar, akhirnya para tokoh itu meminjam uang dari bank sebesar 50 juta rupiah dan 75 juta rupiah untuk mengembangkan jumlah bangunan yang ada. Keberlangsungan Poliklinik Fatimah akhirnya berkembang menjadi rumah sakit. Untuk itu dibangunlah gedung untuk ruang rawat inap shofa, marwah, laboratorium dan radiologi. RSI Fatimah Banyuwangi Resmi dibuka sebagai Rumah Sakit Islam Fatimah sejak 1 Oktober 1988 oleh Bupati Banyuwangi Harwin Wasisto.
RSI Fatimah Banyuwangi terus berkembang seiring waktu. Sejak awal berdiri sebagai poliklinik, beberapa orang tokoh yang pernah memimpin rumah sakit ini antara lain :
1. Dr. H. Soemarsono Qomar, Sp.OG (Alm)
2. Dr. Ircham Tatmim
3. Dr. Malukyanto
4. Dr. Aman Wahyudi
5. Dr. Edim Hartati, M.Kes
6. Dr. H. Solihin MS., Sp.B., MM (Alm)
7. Dr. Budiningtyas, Sp.OG
8. Dr. Rusdi Dziban, Sp.B., FINACS (Alm)

AKREDITASI : Paripurna KARS

MOTTO : Layananku ibadahku.